Senin, 26 Januari 2015

Manajemen dan Globalisasi



MANAJEMEN DAN GLOBALISASI
Manajer tidak hanya bekerja dalam lingkungan internal dan eksternal domestik saja. Akan tetapi manajer juga perlu mempertimbangkan pengaruh kekuatan-kekuatan global dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Pengaruh kekuatan global itu biasanya sangat dirasakan oleh manajer yang bekerja pada organisasi yang skalanya luas atau sering disebut Go International. Michel Porter mengajukan empat unsur pokok yang berkaitan dengan lingkungan (Faktor keunggulan bersaing) agar bisa tetap  kompetitif dalam ekonomi global, yakni:
1.      Strategi, Struktur, dan Persaingan perusahaan
Kondisi dalam suatu bangsa yang mempengaruhi cara kerja organisasi brhubungna satu dengan yang lainnya. Persaingan domestik mendorong motivasi dan pengembangan keunggulan bersaing.
2.      Kondisi permintaan
Permintaan domestik terhadap produk dan jasa suatu industri. Bila pelanggan meminta maka perusahaan harus menanggapi dengan produk dan jasa bermutu dan inovatif.
3.      Faktor Kondisi
Komponen-komponen yang terkait dalam menghasilkan barang-barang dan jasa seperti pekerja terampil, infrastruktur ekonomi, dan adanya bahan-bahan mentah atau sumber daya alam.
4.      Industri terkait dan pendukung
Adanya negara atau industri pemasok yang bersaing secara internasional. Kemampuan untuk menyediakan sumber daya input dan jasa yang diperrlukan untuk endukung produksi barang.
Perbedaan yang mendasar antara mengelola dalam lingkungan nasional dan lingkungan global adlah terletak pada penyesuaian dan keharusan untuk menerima perbedaan dari negara asing. Namun perbedaan tersebut tidak berarti harus menghilangkan nilai-nilai dan tata cara kerja sesuai dengan norma yang berlaku di negara bersangkutan. Perbedaan dijadikan sebagai pedoman untuk menetapkan langkah karena organisasi harus masuk dalam lingkaran persaingan global antar bangsa-bangsa di dunia.
Diposkan 31st July 2012 oleh Ria Aries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar