Senin, 26 Januari 2015

Fungsi dan Proses Manajemen



FUNGSI DAN PROSES MANAJEMEN
Pada umumnya manajemen dibagi menjadi beberapa fungsi yaitu merencanakan, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalian kegiatan dalam rangka usaha untuk mancapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Henry fayol mengusulkan bahwa semua manajer paling tidak melaksanakan lima fungsi manajemen, yakni merancang, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi dan mengendalikan.
1.      Perencanaan
Perencanaan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dan mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut. Melalui peranan seorang manajer akan dapat mengetahui a[a saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara untuk melakukannya. Menentukan tingkat penjualan pada periode yang akan datang., berapa tingkat kebutuhan tenaga kerja, berapa modal yang dibutuhkan, dan bagaimana cara memperolehnya, berapa tingkat persediaan yang harus ada di gudang, serta keputusan apakah perlu dilakukan suatu ekspansi merupakan bagian dari kegiatan perencanaan.
2.      Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan proses memberi perintah, pengalokasian sumber daya serta pengaturan kegiatan secara terkoordinir kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencana. Kegiatan-kegiatan yang terlibat mengorganisasian mencakup tiga kegiatan yaitu:
·         Membagi komponen-komponen kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam kelompok-kelompok,
·         Membagi tugas kepada manajer dan bawahan untuk mengadakan pengelompokan tersebut,
·         Menetapkan wewenang diantara kelompok atau unit-unit organisasi.
3.      Pengarahan
Pengarahan adalah proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan dapat berkerja keras dan giat serta membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk mancapai tujuan yang efektif dan efisien. Melalui pengarahan, seorang manajer menciptakan komitmen, mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Ketika gairah kerja karyawan menurun, seorang manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab menurunnya gairah kerja.
4.      Pengendalian
Bagian terakhir dari proses manajemen adalah pengendalian (controlling). Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan organisasi sudah sesuai dengan rencana sebelumnya. Fungsi pengendalian mencakup empat kegiatan, yakni:
·         Menentukan standar prestasi
·         Mengukur prestasi yang telah dicapai selama ini
·         Membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi
·         Melakukan perbaikan jika terdapat penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar