FUNGSI DAN PROSES MANAJEMEN
Pada umumnya manajemen dibagi
menjadi beberapa fungsi yaitu merencanakan, mengkoordinasikan, mengawasi dan
mengendalian kegiatan dalam rangka usaha untuk mancapai tujuan yang diinginkan
secara efektif dan efisien. Henry fayol mengusulkan bahwa semua manajer paling
tidak melaksanakan lima fungsi manajemen, yakni merancang, mengorganisasi,
memerintah, mengkoordinasi dan mengendalikan.
1.
Perencanaan
Perencanaan dapat diartikan sebagai
suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dan
mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut. Melalui
peranan seorang manajer akan dapat mengetahui a[a saja yang harus dilakukan dan
bagaimana cara untuk melakukannya. Menentukan tingkat penjualan pada periode
yang akan datang., berapa tingkat kebutuhan tenaga kerja, berapa modal yang
dibutuhkan, dan bagaimana cara memperolehnya, berapa tingkat persediaan yang
harus ada di gudang, serta keputusan apakah perlu dilakukan suatu ekspansi
merupakan bagian dari kegiatan perencanaan.
2.
Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan proses
memberi perintah, pengalokasian sumber daya serta pengaturan kegiatan secara
terkoordinir kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencana.
Kegiatan-kegiatan yang terlibat mengorganisasian mencakup tiga kegiatan yaitu:
·
Membagi
komponen-komponen kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan sasaran
dalam kelompok-kelompok,
·
Membagi
tugas kepada manajer dan bawahan untuk mengadakan pengelompokan tersebut,
·
Menetapkan
wewenang diantara kelompok atau unit-unit organisasi.
3.
Pengarahan
Pengarahan adalah proses untuk
menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan dapat berkerja keras dan giat
serta membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk mancapai tujuan yang
efektif dan efisien. Melalui pengarahan, seorang manajer menciptakan komitmen,
mendorong usaha-usaha yang mendukung tercapainya tujuan. Ketika gairah kerja
karyawan menurun, seorang manajer segera mempertimbangkan alternatif untuk
mendorong kembali semangat kerja mereka dengan memahami faktor penyebab
menurunnya gairah kerja.
4.
Pengendalian
Bagian terakhir dari proses
manajemen adalah pengendalian (controlling). Pengendalian dimaksudkan untuk
melihat apakah kegiatan organisasi sudah sesuai dengan rencana sebelumnya.
Fungsi pengendalian mencakup empat kegiatan, yakni:
·
Menentukan
standar prestasi
·
Mengukur
prestasi yang telah dicapai selama ini
·
Membandingkan
prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi
·
Melakukan perbaikan jika terdapat
penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar