PERAN-PERAN MANAJER
Manajer tidak dapat membebaskan diri
dari pekerjaannya, dan hampir tidak pernah merasakan kesenagan mereka menyadari
tidsk ada pekerjaan yang mereka tidak dilakukan. Terlepas dari jenis pekerjaan
manajerialyang dilakukan, manajer selalu mambawa suatu beban yang selalu
dipikirkan, sehingga mereka menganggap bahwa pekerjaan mereka hampir tiada
hentinya dan begitu kompleks.
Pada akhir tahun1960-an, Henry
Mintzberg melakukan suatu pengmatan mendetail terhadap lima manajer puncak
(corporate manager) yang sedang bekerja. Mintzberg menyimpulkan bahwa
manager-manager itu menjalankan sepuluh peran yang berbeda, tetapi sangat erat
kaitannya. Istilah peran manajer mengacu pada kategori-kategori tertentu dari
tingkah laku manajer. 10 peran yang dikelompokkan menjadi 3 kategori:
1.
Peran Interpersonal
Para manajer dituntut untuk
melaksanakan tugas-tugas yang melibatkan semua karyawan yang ada di dalam dan
di luar organiasi dan tugas-tugas lain yang sifatnya seremonial atau simbolis.
Manajer juga berperan sebagai pemelihara suatu jarinagan hubungan luar yang
berkembang dan memberikan dukungan dan informasi. Memberi ucapan selamat datang
kepada para pengunjung, penendatanganan dokumen resmi, menghadiri upacara
pernikahan bawahan, membalas surat-surat, dan melakukan kegiatan lain yang
melibatkan pihak luar merupakan
sebagaian dari peran interpersonal manajer.
2.
Peran informasional
Semua manajer sampai tahap tertentu,
memiliki tahap-tahap informasional, yitu menerima, mengumpulkan dan menyebarkan
informasi. Menejer memantau perkembangan-perkambangan dari lingkungan yang ada
di luar organisasi dengan membaca informasi, baik surat kaba maupun media
elektronik. Manajer bertindak sebagai saluran informasi bagi anggota-anggota
organisasi.
Peran ini biasanya disebut sebagai
peran penyebar. Ketika mereka mewakili organisasi di depan orang-orang luar,
para manajer bertindak menjalankan peran juru bicara. Membaca koran dan hasil
riset, mengadakan pertemuan, menyelenggarakan rapat dewan merupakan bagian-bagian
dari peran informasi manajer.
3.
Peran Memutuskan
Mintz tidak pasti brg
mengidentifikasikan empat peran memutuskan yang seputar pembuatan pilihan.
Sebagai wirausaha, manajer mengawali dan mengawasi proyek-proyek baru yang akan
memperbaiki kinerja perusahaan mereka.Sebagai proyek menangani gangguan, para
manajer mangambil tindakan pembetulan sebagai tanggapan terhadap
masalah-masalah yang sebelumnya tak terlihat. Sebagai pengelola sumber daya,
manajer bertindak sebagai perunding ketika mereka mendiskuskan dan
tawar-menawar dengan kelompok-kelompok lain untuk mendapatkan
keuntungan-keuntungan.
Peran-peran manajer seperti yang digambarkan oleh Minzberg di atas
memberikan visi yang lain, melengkapi gambaran proses manajemen seperti yang
dibahas di muka. Mitzberg mengingatkan bahwa lingkungan yang dihadapi oleh
manajer serba tidak pasti yang selalu berubah. Manajer yang efektif bercirikan
”action oriented”. Manajer yang efektif harus bisa memainkan peran-peran yang
tepat, tergantung situasi yang dihadapi.
Mohegan Sun - Casino Finder
BalasHapusFind 1209 세종특별자치 출장마사지 reviews, 논산 출장마사지 156 candid photos, 태백 출장샵 and great deals for Mohegan Sun - 과천 출장안마 Casino Finder at MapYRO. Browse 1209 slot machines and see 안산 출장마사지 Rating: 4.6 · 126 votes